SELAMAT DATANG DI-BLOG KAMI YANG SEDERHANA. SEMOGA INFORMASI-INFORMASI YANG KAMI BERIKAN BERMANFAAT BAGI ANDA SEMUA. JANGAN LUPA MENGISI KOMENTAR ATAU DI-CHAT BOX. TERIMA KASIH....... SMA 2 BAE forum: mainan baru itu bernama Rubik

mainan baru itu bernama Rubik


posting pertama di tahun baru 2010 kali ini admin akan membahas tentang permainan yang bagus dan mengasyikan yaitu rubik. teman teman pasti tahu rubik ini kan ? permainan yang berbentuk kubus berukuran 3x3x3. jika dilihat sepintas dalam keadaan acak permainan ini cukup sulit namun jika teman-teman telah mulai belajar dalam waktu 1-2 hari solving kubus ini akan sangat mudah. bentuk dari rubik's cube sendiri tidak hanya 3x3x3 tetapi ada juga yang besar mulai 4x4x4 sampai 7x7x7 dan ada yang imut berukuran 2x2x2. bentuk rubik sendiri tidak hanya kubus ada yang berbentuk piramid, bola, kubus yang dempet ( susah cari kata lain ) ,dll.
mainan ini mulai admin pegang sejak tanggal 25 November 2009 ( tepat hari PGRI ) kayak perjanjian aja ada tanggalnya..hehe... dan bisa dibilang sudah 1 bulan kami memegang, meremas, mengucek-ucek, dan mengotak-atiknya. seperti kalimat sebelumnya kami hanya 1 hari saja untuk belajar mulai dari membuat cross hingga menyelesaikan layer ketiga. untuk pemula kami akan berikan langkah-langkahnya dalam beginner methode :
 1. membuat cross

 membuat tanda salib ( plus ) di sembarang warna -kebanyakan orang warna putih-. untuk membuat cross yang kita perlukan hanya logika.
2. mengisi cross ( mengorientasi sisi bawah )
jika cross telah terbentuk kita akan mengisi ( mengorientasi )/ menyamakan warna sisi bawah. disini kita menghafal 2 rumus dan 2 rumus pembetulan agar letak warna sisi cross  dapat dimasukkan. ( maaf kalo bingung )

3. mengisi layer ke-2
setelah sisi cross terbentuk ( terorientasi semua/sama warnanya ) langkah selanjutnya mengisi layer kedua. sebelumnya jika kita benar dalam pengisian cross maka cross kita taruh pada bagian bawah dan terbentuk huruf T terbalik di tiap sisi (kecuali sisi atas ) untuk langkah ini kita hanya perlu menghafal 2 rumus.
4. membetulkan sisi atas

setelah layer kedua jadi langkah selanjutnya adalah mengorientasi layer atas. pertama kita harus mengidentifikasi terlebih dahulu pola apa yang terbentuk ( titik, garis atau L kecil ) kemudian kita masukkan rumus untuk membuat cross pada layer atas hingga terbentuk "ikan" dan layer atas terorientasi
dan hanya membutuhkan 3 rumus kondisi dan 1 rumus untuk mengorientasi.
5. mengorientasi layer 3

setelah semua warna sudah tersusun langkah terakhir kita membetulkan warna yang berada pada layer ketiga. disini kita  membutuhkan 3 rumus ( 1 rumus mengorientasi salah satu sisi dan 2 rumus terakhir )


jika langkah-langkah diatas benar maka rubik teman-teman akan terorientasi semua (sama warnanya )dan untuk tutorial lebih lanjut saya sarankan lewat video dari youtube atau yang lain.
semoga membantu

3 komentar:

FIAN MUSE mengatakan...

WAH INFO YANG MENARIK NIH. . . MAU TUKERAN LINK ??? KOMENT BLOG KU DOONGG SEPII NIIHH ;( http://fianmuse.blogspot.com/

Ria_Zahra mengatakan...

:) rubik..2010 lgee demam rubik ya??kan mainan lama..hehew
kunjungi blogq ya..
http://casthazahra.blogdetik.com

FATE mengatakan...

@ ria : he'em...di sekolah lagi booming nih...

tak kunjungi balik deh...

Posting Komentar